Rabu, 21 Januari 2015

Alun-alun, Menara Mesjid Agung, dan Museum Geologi Bandung

Akhirnya setelah 4 tahun kurang lebih di Bandung.. Akhirnya naik menara Mesjid Agung Bandung juga. Kata temanku, yang punya inisial Dimas Dwi Adiguna, "Kalian kalo belum naik menara mesjid Alun-alun, artinya kalian belum KE BANDUNG" --> challenge accepted --> tapi 4 tahun kemudian, huahaahaaha.



Bagi yang belum tahu alun-alun bandung dkk, nih saya CoPaste (kopas) dari wikipedia, sebandung.com, blog lain-lain, dan lain-lain jadilah seperti ini:

"Alun-alun adalah salah satu tempat bersejarah di Bandung. Tempat ini tadinya merupakan pusat berkumpul rakyat untuk berkegiatan. Sekarang ini kita bisa menjumpai banyak pedagang makanan dan asesoris di tempat ini. Alun-alun dikelilingi berbagai tempat belanja seperti di Jalan Dalem Kaum, Jalan Dewi Sartika, Jalan Otto Iskandardinata, atau Jalan Sudirman."

"Masjid yang terletak di sebelah Alun-Alun ini telah dibangun sejak tahun 1812. Masjid ini telah beberapa kali mengalami renovasi sehingga nampak seperti sekarang ini. Masjid Agung memiliki ciri khas menara yang menjulang."

..itu aja gan, walaupun cuma kopas doang, tapi kopas malas.


BTW yang di paragraf satu di atas itu bohong, ini cerita aslinya:

Berawal dari kepingin naik Bus Bandros, tapi ga kesampaian karena tiket habis, kami ganti destinasi jalan-jalan menjadi (1) Naik menara Mesjid Agung Bandung, (2) Ke museum Geologi Bandung.

1. Alun-alun dan Menara Mesjid Agung Bandung
Info:
  • Terdapat 2 menara, utara dan selatan. Hanya dibuka satu saja, kalo ga utara ya selatan. Saat kami datang, hanya menara Utara yang dibuka.
  • Tiket (Infaq): Rp 3000 Dewasa, Rp 2000 Anak-anak, Rp 0 Lansia (kalo ga salah ya, agak lupa gan)
  • Kalo mau liat foto-foto alun-alun yang dulu, sebelum di renovasi, bisa diliat disini (bukan blog saya)
  • Dibuka untuk umum pada Sabtu dan Minggu, dari jam 10.00 pagi sampai 05.00 sore.

Alun-alun depan Mesjid







Alun-alun depan Mesjid (dari atas menara)


 2. Museum Geologi Bandung
Info:
  • Jam buka: Senin - Kamis dan Sabtu - Minggu 9:00 pagi sampai 2:30 siang, Jumat dan Liburan Nasional Tutup
  • Harga tiket: Rp 2000 Pelajar/Mahasiswa, Rp 3000 Umum, dan Rp 10000 Warga Negara Asing
  • Museum ini didirikan pada tanggal 16 Mei 1928, dan merupakan salah satu monumen bersejarah gan. Berada di bawah perlindungan pemerintah dan merupakan peninggalan nasional. Dalam Museum ini, tersimpan dan dikelola materi-materi geologi yang berlimpah, seperti fosil, batuan, mineral.
  • Lantai I: Terbagi menjadi 3 ruang utama : Ruang orientasi di bagian tengah, Ruang Sayap Barat dan Ruang Sayap Timur. Ruang Orientasi berisi peta geografi Indonesia dalam bentuk relief layar lebar yang menayangkan kegiatan geologi dan museum dalam bentuk animasi, bilik pelayanan informasi museum serta bilik pelayanan pendidikan dan penelitian. Ruang Sayap Barat, dikenal sebagai Ruang Geologi Indonesia. Ruang Sayap Timur Ruangan mengambarkan sejarah pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, dari primitif hingga modern, yang mendiami planet bumi ini dikenal sebagai ruang sejarah kehidupan. (disadur dari sini)
  •  Lantai II: Terbagi menjadi 3 ruangan utama: ruang barat, ruang tengah dan ruang timur.
    Ruang barat (dipakai oleh staf museum). Ruang tengah dan ruang timur digunakan untuk peragaan dikenal sebagai ruang geologi untuk kehidupan manusia. (disadur dari sini)

  



  





Ada si bro di sini. Belum tau si Bro siapa? check here