Minggu, 10 Mei 2015

Karawang Part. 2 Keindahan Wanayasa, Situ Wanayasa, Purwakarta

Well, haha, bukan Karawang, tapi trip to Purwakarta from Karawang. Perjalanan dari Karawang menuju Purwakarta memakan waktu kurang lebih 1 jam. Tapi waktu itu Saya dan kawan-kawan menempuh perjalanan ke Purwakarta sekitar 1,5 jam karena jalannya santai.
Ho iya, ini nih ada sedikit saduran dari wikipedia tentang Wanayasa, disadur dari sini

Wanayasa adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Berbatasan dengan kecamatan Cibatu di utara, kecamatan Pondoksalam di barat, kecamatan Kiarapedes di timur, dan kecamatan Bojong di selatan.
Karena letaknya yang berada di ketinggian menjadikan daerah ini berhawa sejuk.
Di Kecamatan Wanayasa terdapat Situ Wanayasa yang dijadikan obyek wisata dan tempat memancing.

Nah, seperti itu lah kira-kira penjelasan tentang Wanayasa.

Awalnya Saya bahkan ga tau kalo di situ ada tempat wisatanya. Rencana awalnya cuma kepingin jalan-jalan bareng teman baru dari pabrik (di Karawang) ke rumah salah satu teman baru Saya itu.

BTW tempatnya sejuk, lebih dingin dan sejuk daripada Bandung daerah Dago, tapi tidak sedingin Lembang, hehe. Ya kira-kira lah, intinya tempatnya enak banget suasananya.

Setelah sampai di rumah teman saya Panjul, Zulkarnain, Zulfan, kami beristirahat sebentar, dan langsung mandi satu per satu sambil yang lainnya nunggu santai di teras rumah si Jul yang sejuk.

Yang paling berkesan bagi Saya di Wanayasa adalah pas kami liwetan di Jamboe di sebelah sawah garapan bapaknya si Jul.



Dari kiri ke kanan: Furqon, Jul, Tyara, Faisal, Fitri (maaf ane lupa namanya, sebut saja namanya Fitri), Husni


Bapaknya si Jul dan si Jul



Sumber air mata air di desa si Jul. Dan kami seenaknya nurunin kaki kami ke situ. Hadeuuuh. Ya sudahlah



Liweutan di Jamboe












Selain liwetan di Jamboe, malamnya (agak sedikit gerimis), kami ke tempat wisata dekat dengan rumahnya si Jul. Nama tempatnya Situ Wanayasa, berikut sedikit saduran yang diambil dari sini tentang Situ Wanayasa

Situ Wanayasa ialah sebuah cekungan besar yang diisi oleh air hujan yang tertampung didalamnya. Situ ini memiliki total luas sekitar 7 hektar dengan disekelilingnya di penuhi oleh pohon-pohon, perbukitan yang hijau. Pemandangan alamnya yang menawan dan indah ditambah dengan suasananya yang sejuk dan nuansanya yang tenang menjadi daya tarik situ ini. Tak heran banyak wisatawan yang datang bukan hanya berasal dari kawasan Purwakarta saja, melainkan dari luar Purwakarta.

dari sini

dari sini

dari sini

Ini penampakan malamnya


Di sini juga ada Patung orang yang sedang memanah, bagus lah pokonya, apalagi kalo malem. Tapi berhubung waktu itu gerimis dan #*^($#&$(%^, yahaha, dan begitulah, jadi ga sempet foto dengan patung itu.

dari sini
yah begitulah pengalaman Saya ke Wanayasa. Berkesan dan Berkesan.

Oh iya, btw dari Karawang ke Purwakarta kami lewat Jalan Curug (lupa nama jalan lengkapnya), pas pulang kami lewat jalan kawasan Industri BIC. Untuk lewat BIC, yang motor nanti di ujung jalannya ada jembatan boat (alias tol motor, tinggal bayar seribu). Untuk mobil bisa lewat BIC juga, tapi nanti di ujung jalan kawasan industrinya lewat Tol beneran.

Berikut penampakannya

tempatnya lumayan bagus juga untuk nongkrong, foto-foto, dan berdua-duaan. Hehe, waktu itu kami juga sempat lihat ada yang lagi pacaran, pas kami mau gangguin, eh malah keduluan sama sapi-sapi di situ yang gangguin :p

Sekian. See you in the next trip my friends